Wednesday 3 September 2014

SEJARAH BATIK INDONESIA


             Batik merupakan kebudayaan tradisional Indonesia yang saat ini digemari banyak orang. Bahkan kini batik menjadi primadona di dunia fashion. Para desainer busana saat ini mencoba memadu-madankan busana yang mereka ciptakan dengan nuansa batik. Ini merupakan salah satu upaya menciptakan suatu trend-fashion melalui para model agar masyarakat tertarik dan mengetahui bahwa batik pun dapat dijadikan gaya berbusana mereka sehari-hari Sehingga eksistensi batik sebagai warisan budaya asli Indonesia akan tetap terjaga.
            Namun dibalik booming-nya batik sebagai trend-fashion ternyata batik Indonesia melalui suatu perjalanan yang amat panjang sehingga dapat diakui dunia sebagai kebudayaan asli Indonesia. Bagaimana sejarah batik nusantara?
            Dikutip dari sumber (vivanews, 2011) menjelaskan bahwa teknik pewarnaan batik sudah ada sejak abad 4 SM di Mesir. Pada saat itu di kain mumi terdapat semacam zat lilin dengan pola yang teratur. Menurut G.P. Rouffaer dan N.J. Krom berpendapat bahwa teknik batik itu diperkenalkan oleh bangsa India dan Srilanka. Seni ini dibawa oleh masyarakat Kalingga-Koromandel dari India ke Jawa pada abad ke-4 M. Pada abad ke-12 M di Kediri, Jawa Timur, dikembangkan sebuah teknik yaitu menulis di atas kain dengan menggunakan alat yang dinamakan “grinsing” sehingga dapat membentuk suatu pola. Namun kemudian pendapat tersebut dibantah oleh seorang arkeolog J.L.A. Brandes yang menyebutkan bahwa batik telah dikenal di nusantara sebelum masa prasejarah. Yaitu salah satu contohnya terdapat pada relief-relief candi juga arca. Di salah satu arca yakni arca Prajnaparamita terlihat pakaian dengan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang dengan motif yang kompleks. Ini membuktikan bahwa pada zaman itu sudah ada pola batik yang rumit.

Referensi: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/355975-menelusuri-sejarah-batik-nusantara

2 comments: