Wednesday 3 September 2014

SEJARAH BATIK INDRAMAYU

           Batik Indramayu merupakan salah satu dari batik daerah pesisir. Dengan rata-rata corak motifnya yang khas dengan warna-warnanya yang cerah dan terkesan ceria. Karena ini merupakan ciri-ciri batik pesisir. Batik Indramayu disebut juga dengan “Batik Dermayon” (asal kata dari bahasa Indramayu, yang berarti Dermayuan; Dermayu=Indramayu dan imbuhan “an” yang berarti khas Indramayu atau asli Indramayu).
            Ciri khas yang dimiliki dari corak atau motif-motif batik Indramayu sangat berbeda dengan daerah lainnya. Walaupun ada beberapa kesamaan ragam hias dengan daerah lain. Namun gaya dan pewarnaan batik Indramayu tetap berbeda dengan daerah lain karena mungkin adanya pengaruh adat istiadat, kepercayaan serta kondisi lingkungan. Misalnya saja dengan daerah Cirebon, batik klasik dari daerah Cirebon mendapat pengaruh dari daerah Pedalaman Jawa Tengah (Pengging Solo) sedangkan Indramayu mendapatkan pengaruh dari daerah Pesisir Utara Jawa Tengah (Lasem).
            Dikutip dari (DEKRANASDA, 2007) menjelaskan bahwa batik klasik Indramayu diperkirakan sudah ada sejak masa kerajaan Demak pada tahun 1527, karena banyak pengrajin batik dari Lasem hijrah ke Indramayu. Oleh karena itu motif batik Indramayu ada yang hampir sama dengan motif batik dari Lasem yang di dalamnya sudah dipengaruhi oleh motif Cina. Masuknya motif batik Jawa Tengah ini melalui perantara para pedagang yang hilir mudik antara Jepara dan Banten.

Referensi: DEKRANASDA. (2007). Buku Batik Indramayu. Indramayu: Dewan Kerajinan Nasional.


2 comments: