Thursday 29 August 2013

ANTROPOLOGI BUDAYA Bab Seni;Seni Rupa

Pengertian Seni dan Seni Rupa

Pengertian Seni
            Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, secara mitos berfungsi menentukan norma untuk perilaku yang teratur serta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Berikut ini definisi seni atau kesenian menurut para ahli:
1.      Aristoteles
Seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.
2.      Plato dan Rousseau
Seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
3.      Ki Hajar Dewantara
Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia.
4.       Drs. Sudarmaji
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.
5.      Drs. Popo Iskandar
Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
6.      Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
7.      Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya.
8.      Irma Damayanti, M.Sn.
Seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya
9.      Drs. Rizki Akhmad Zaelani
Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang dipastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Mungkin “saya” memaknainya dengan keberangkatan orang/seniman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilmu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidak usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.
            Dari pengertian-pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa seni merupakan ungkapan perasaan seseorang dan implementasi pengalaman estetika yang dituangkan ke dalam karya baik itu karya rupa, tari maupun musik yang di komposisikan sedemikian rupa sehingga menjadi suatu karya yang indah dan membuat perasaan senang (berdasarkan penilaian orang lain).

Definisi Seni Rupa Menurut Para Ahli
            Adapun Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian yang bergerak di bidang penciptaan rupa dengan kawasan dari alam benda dwimatra (2 Dimensi) dan trimatra (3 Dimensi). Secara umum merupakan suatu upaya manusia untuk menata hidup lebih baik, menata lingkungan lebih baik serta menampilkan benda-benda kasat mata yang disertai nilai estetis. Berikut ini merupakan definisi seni rupa menurut beberapa ahli:
1.      Ensiklopedia Indonesia (1990:525)
“Seni rupa adalah penciptaan keindahan yang mampu berkomunikasi dengan penikmatnya terutama melalui mata.”
2.      Mamannoor (2002:54)
“Seni rupa sebagai suatu proses pengungkapan pengalaman dan representasi kenyataan ke dalam suatu bentuk tindakan bahasa estetika melalui bahasa rupa, terlingkup di dalamnya persoalan yang berhubungan langsung dengan hal-hal empiris.”

            Seni rupa merupakan cabang dari kesenian yang berkaitan erat dengan indera penglihatan dan visualisasi estetis suatu bentuk karya, baik itu dua dimensi maupun tiga dimensi. Namun indera peraba pun ikut turut andil dalam seni rupa. Karena dalam unsur seni rupa ada yang dinamakan tekstur, yakni selain dilihat secara kasat mata, tekstur ini harus dirasakan dengan rabaan untuk mengetahui jenis dan perbandingannya antara tekstur yang satu dengan yang lain. Adapun unsur-unsur rupa yang lain yaitu, garis, bidang, warna, volume.

1 comment: