Friday 30 August 2013

SENI TARI MERAK Bab Busana Tari Merak


Perlengkapan Busana Tari Merak

                  Tari Merak merupakan tari tradisional Jawa Barat yang menampilkan tarian klasik kreasi tradisional yang menceritakan sekelompok burung merak yang sedang berkumpul yang jumlahnya selalu ganjil karena ada salah satu burung merak yang sebagai pemimpinnya. Burung merak yang ditampilkan adalah merak jantan, karena keindahan yang dimilikinya. Oleh sebab itu busana tari merak merupakan penggambaran burung merak jantan seseuai dengan nama tariannya.
                                                             
                                                             Gambar 1. Busana Tari Merak
      Dokumentasi oleh Pak Wahyu

a.       Perlengkapan Busana Bagian Kepala
            Perlengkapan busana bagian kepala ini terbuat dari bahan kulit sapi muda atau kulit kerbau pada busana tari merak tradisional. Karena sulit serta cukup mahal harganya, perupa memilih bahan yang ekonomis dan mudah didapatkan dengan menggunakan bahan fiber. Berikut ini bagian-bagian perlengkapan busana tari merak bagian kepala:
1.      Mahkota atau disebut juga “Siger”
                                                 
Gambar 2. Siger (Mahkota)
Dokumentasi Pribadi

                        Siger merupakan mahkota sebagai aksesoris busana tari merak yang dipakai di kepala dengan cara diikatkan. Siger ini menyimbolkan sebagai kepala merak. Terdapat hiasan motif-motif bulu merak dan motif parang. Hiasan motif-motif tersebut diperjelas dengan bagian-bagian pahatan yang diberi payet dan mute agar semakin estetis dan terkesan glamour.
2.      Hiasan Sanggul di belakang mahkota yang disebut “Garuda Mungkur”
                                                 
Gambar 3. Garuda Mungkur
Dokumentasi Pribadi

                        Hiasan untuk sanggul ini berbentuk burung merak jantan yang sedang memperlihatkan keindahannya, biasanya pada saat musim kawin burung merak jantan menggoda betinanya dengan cara melebarkan ekornya yang indah. Gambar hiasan sanggul ini terlihat burung merak dari arah depan. Tampak hiasan payet dan mute yang menghiasi pahatan motif bulu merak.
3.      Susumping pada bagian Telinga
                                                 
Gambar 4. Susumpingan
Dokumentasi Pribadi

                        Susumpingan merupakan aksesoris busana tari merak yang ditempatkan pada bagian telinga. Bentuknya menyerupai kumpulan bulu-bulu merak yang di desain sedemikian rupa sehingga terlihat estetis dan menarik untuk dilihat menjadi nilai tambah perlengkapan busana tari merak. Dari motif-motif yang dipahat terdapat mute dan payet yang memperindah susumpingan dan sebagai anting-antingnya dihiasi oleh parel.

b.      Perlengkapan Busana Bagian Atasan Badan
1.   Apok, bagian penutup badan dimulai dari leher hingga dada
                                                       
Gambar 5. Apok
Dokumentasi Pribadi

                          Apok  merupakan pelengkap busana tari merak yang  berfungsi sebagai penutup bagian leher mulai dari bagian tulang clavicle hingga bagian atas dada.  Aksesoris ini bermotif bulu merak yang kecil-kecil dengan warna-warna yang mencolok dan kontras dengan warna dasar Apok. Motif-motif tersebut diperjelas dengan bordiran benang-benang emas berbagai warna, payet, mute serta parel. Bentuk dasar apok ini adalah lingkaran yang kemudian ditransformasikan seperti bunga dengan mahkota berjumlah lebih dari lima buah (bentuk bunga pada umumnya). Sedangkan bahan dasar apok adalah dari kain silk Jepang (sutera) atau dikenal dengan kain saten.
2.      Penutup Dada, dimulai dari bagian dada hingga pinggul
                                                 
Gambar 6. Penutup Dada
Dokumentasi Pribadi

                    Penutup dada ini terbuat dari  kain silk Jepang (Sutera) atau dikenal dengan kain saten. Bentuknya seperti kemben, yang dalam bahasa jawa berarti kain yang digunakan wanita  zaman dahulu sebagai penutup bagian dada hingga pinggul dengan cara dililitkan pada badan. Ada juga bentuk penutup dada pada busana tari merak yang seperti rompi, yakni terdapat tali untuk dipakai di bahu tetapi tetap terdapat bagian pengait di bagian punggungnya.
3.      Sayap
                                                 
Gambar 7. Sayap  Merak
Dokumentasi Pribadi

                    Sayap merak ini merupakan perlengkapan busana tari merak yang memberikan nuansa dominan atau ciri khas pada tarian merak seperti halnya tari kupu-kupu. Namun perbedaannya dengan tari kupu-kupu yakni dapat dilihat dari motif yang bergambar bulu merak secara utuh. Bahan yang dipakai untuk Sayap merak ini adalah kain sipon. Motif-motifnya diperjelas dengan bordiran benang-benag emas berbagai warna yang mencolok. Seperti kuning emas, pink, biru tua, biru muda serta hijau.  Sayap ini menyimbolkan kecantikan merak jantan dengan cara melebarkan sayapnya untuk menarik perhatian betina atau saling memamerkan keindahan dengan pejantan lainnya.
4.      Kilat Bahu
                                                 
Gambar 8. Kilat Bahu
Dokumentasi Pribadi

                    Kilat bahu merupakan aksesoris pelengkap busana tari merak yang ditempatkan di lengan dengan cara diikatkan.  Bentuknya menyerupai seperti gunung yakni semakin mengerucut ke atas. Sebenarnya itu adalah bentuk bulu merak yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan menyempurnakan busana tari merak. Pada pahatan-pahatannya dihiasi payet-payet dan mute.
5.      Gelang
                                                 
Gambar 9. Gelang
Dokumentasi Pribadi

                    Gelang  ini dipakai untuk mempercantik tampilan busana tari merak. Dengan hiasan payet-payet  dan mute yang disusun berjajar dua baris dengan warna yang bervariasi memakai warna yang mencolok disertai bordiran benang emas sebagai bingkai gelang.

c.       Bagian Bawahan Badan
1.      Sabuk
                                               
Gambar 10. Sabuk
Dokumentasi Pribadi

                  Sabuk dipakai sebagai pengencang busana penutup dada. Sabuk ini terbuat dari bahan kain silk Jepang (Sutera) adau kain saten.  Terdapat motif-motif seperti sisik ular. Setiap sisik diberi hiasan payet dan mute.  Bagian pinggir sabuk dibordir dengan benang emas.
2.      Rok
                                                 
Gambar 11. Rok
Dokumentasi Pribadi


                        Walaupun pada kenyataannya burung merak yang ditampilkan adalah merak jantan, tetapi penari yang melakukan tarian merak adalah wanita. Kegagahan merak sesungguhnya berbanding terbalik dengan tari merak yang feminim. Sehingga rok dipakai sebagai busana bagian bawah pada tari merak. Terdapat hiasan motif-motif bulu merak secara utuh disusun dengan posisi vertical yang diperjelas dengan bordiran benang emas berbagai warna seperti warna kuning emas, pink, biru muda, biru tua serta hijau. 

24 comments:

  1. boleh saya gunakan data yang ada di blog ini untuk referensi tugas saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja mas.. jangan lupa cantumkan sumbernya. Semangat!

      Delete
  2. THANKS ,,, Izin Copy Paste :) ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja mas.. jangan lupa cantumkan sumbernya. :)

      Delete
  3. izin copy beberapa ya buat tugas sekoah saya :) trimakasih

    ReplyDelete
  4. izin diambil beberapa untuk tugas saya :) makasih ya ^_^

    ReplyDelete
  5. saya ijin copas ya buat tuga ni,,, oh iya kalo bisa sama nama ragam geraknya ya.. sama iringannya juga hhhe ,, makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan... jangan lupa cantumkan sumbernya :) maaf saya kuliah di jurusan Seni Rupa. Jadi yang saya bahas disini mengenai kajian visual busana Tari Merak saja :)

      Delete
  6. saya juga izin copas yaa buat tugas :) Thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Nadhif... jangan lupa cantumkan sumbernya :)

      Delete
  7. Maaf, selendangnya kelupaan tuh :)

    ReplyDelete
  8. Terimakasih masukannya... :) Kebetulan waktu observasi ke lokasi, selendangnya sedang dipinjam untuk latihan... hehe

    ReplyDelete
  9. Ka minta pendapat dong buat bikin semua keperluan Tarian Merak dari bahan bekas kaya duplex, kain bekas atau karton. makasih

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat sebagai referensi tugas sekolah anak saya. Kalau boleh tambahkan info perlegkapan/properti tari ya.Sukses selalu...Terima kasih infonya mas.

    ReplyDelete
  11. kak, izin copas buat tugas sekolah :) akan dicantumkan sumbernya
    terima kasih

    ReplyDelete
  12. Izin save gambarnya yaaa buat referensi tugas saya hehe. Makasih

    ReplyDelete
  13. kreatif banget, mohon izin save. untuk tugas sekolah.

    ReplyDelete
  14. mohon info untuk pembelian kostum merak dimana ya ? trim..

    ReplyDelete