Thursday 29 August 2013

ANTROPOLOGI SENI RUPA Bab Antropologi Seni Rupa

Warning!!!
Sebelum baca artikel ini, alangkah lebih baiknya baca list artikel dibawah ini dulu yaa :



         Antropologi seni rupa merupakan suatu ilmu yang mempelajari dan mengkaji tentang manusia dan kebudayaannya, kebudayaan disini diartikan sebagai budaya rupa yang menyajikan karya-karya rupa yang dapat dimaknai secara visual dengan sajian nilai-nilai estetis didalamnya. Karya rupa mengalami perkembangan dari zaman ke zaman. Mulai dari media, teknik hingga masuk ke alirannya atau disebut juga dengan transformasi budaya. Tentunya perlu kita pelajari berbagai jenis karya seni rupa karena tidak menutup kemungkinan jika kita dapat membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari jenis-jenis karya seni rupa yang sudah ada.

            Berikut ini merupakan bagan transformasi budaya (Sachari,2005:84) sebagai berikut:
                         
                           
Bagan 2. Proses transformasi budaya, secara umum  didahului oleh proses ‘dialog budaya’ secara terus menerus hingga terjadi proses sintesis budaya yang melahirkan berbagai bentuk kebudayaan ‘campuran’. Proses ini berlangsung selama puluhan tahun hingga melahirkan format kebudayaan yang mantap. Di dalamnya tercakup pergeseran-pergeseran nilai estetik dalam  karya desain dan kesenirupaan.                 
                Transformasi kebudayaan dalam bidang seni rupa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari contohnya yaitu sebuah tulisan. Tulisan memiliki sejarahnya masing-masing yang dulu kala hanya berupa gambar-gambar atau simbol yang diukir pada media batu, dinding gua, daun  ataupun kulit binatang. Kini tulisan sudah berbeda-beda bentuknya di setiap bangsa di belahan penjuru dunia. Dan medianya pun kini lebih beragam, ada yang pada media kertas, papan, kain dan sebagainya. 


                                                                                                                                                                                                                                            

2 comments: