Wednesday 28 August 2013

ANTROPOLOGI SENI RUPA Bab Kebudayaan

Check This Out!

"KEBUDAYAAN" itu apa sih?

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin yaitu colere, yang berarti mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. (sumber: Wikipedia.org/budaya-dan-kebudayaan.html).
Berikut ini merupakan pengertian kebudayaan menurut para ahli:
1.      Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski  
      Bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
2.      Herskovits
      Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.
3.      Andreas Eppink
      Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
4.      Edward Burnett Tylor
      Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
5.      Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi,
      Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. (Wikipedia.org/budaya-dan-kebudayaan.html)


            Sedangkan menurut pendapat seorang ahli antropologi, Ralph Linton (Ihromi, 2006:18) menjelaskan bahwa definisi kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari berbeda dengan definisi kebudayaan  dari seorang ahli antropologi.
Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat yang mana pun dan tidak hanya mengenai sebagian dari cara hidup itu yaitu bagian yang oleh masyarakat dianggap lebih tinggi atau lebih diinginkan. Dalam arti cara hidup kita sendiri, maka tidak ada sangkut pautnya dengan main piano atau membaca karya sastrawan terkenal. Untuk seorang ahli ilmu sosial, kegiatan seperti main piano itu merupakan elemen-elemen belaka dalam keseluruhan budaya kita. Keseluruhan ini mencakup kegiatan-kegiatan duniawi seperti mencuci piring atau menyetir mobil dan untuk tujuan mempelajari kebudayaan, hal ini sama derajatnya dengan “hal-hal yang lebih halus dalam kehidupan”. Karena itu bagi seorang ahli ilmu social tidak ada masyarakat atau perorangan yang tidak berkebudayaan. Tiap masyarakat mempunyai manusia adalah makhluk berbudaya, dalam arti mengambil bagian dalam sesuatu kebudayaan

            Dari berbagai penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

            Kebudayaan tidak didapatkan dari pewarisan sifat (genetis) melainkan melalui proses belajar pada lingkungan sekitar. Proses berpikir mana yang baik dan yang tidak baik untuk dilakukan oleh diri kita itu yang membedakan antara manusia dengan hewan primata lainnya yang sama-sama mempunyai budaya namun tidak hanya menggunakan naluri dan insting semata. Memang insting dan naluri bukan termasuk bagian dari kebudayaan, tetapi yang mempengaruhi kebudayaan.

Sedikit tau kan mengenai "Kebudayaan"....
So, masihkah kita mempertahankan eksistensi Kebudayaan Asli Bangsa Indonesia? ^^

1 comment: