Thursday 29 August 2013

ANTROPOLOGI SENI RUPA Bab Antropologi



Check This Out!

Antropologi tuh apa sih??? 

Manusia merupakan makhluk yang sangat  kompleks, terdiri dari bentuk secara fisik serta memiliki sistem kebudayaan yang mereka buat (dalam bahasan secara duniawi). Berbicara tentang kebudayaan tentu ada suatu ilmu yang mempelajari mengenai hal tersebut. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai kebudayaan, dalam batasan khusus mempelajari mengenai kebudayaan manusia.
            Secara harfiah dalam bahasa Yunani kata antropos berarti “manusia” dan logos berarti “studi”. Jadi antropologi merupakan suatu disiplin yang berdasarkan rasa ingin tahu yang tiada henti-hentinya tentang umat manusia. (Ihromi, 2006:1)
Berikut ini merupakan definisi dari antropologi menurut para ahli:
a.  Keesing (1981) , Antropologi adalah kajian tentang manusia.
b. Haviland (1985), Antropologi adalah studi tentang manusia dan perilakunya dan melaluinya diperoleh pengertian lengkap tentang keanekaragaman manusia.
c. Kamus Antropologi dan Ariyono Suyono (1985), Antropologi adalah suatu ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang makhluk manusia dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik, kepribadian, masyarakat serta kebudayaannya.
d. Koentjaraningrat (1990), Ilmu antropologi memperhatikan lima masalah mengenai makhluk hidup yaitu :
1. Masalah Perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
2. Masalah sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia, dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya.
3. Masalah sejarah asal, perkembangan, serta penyebaran berbagai macam bahasa di   seluruh dunia.
4. Masalah persebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia.
5. Masalah dasar-dasar dan aneka warna kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat dan suku bangsa yang tersebar di seluruh bumi pada zaman sekarang ini. (http://id.shvoong.com/social-sciences/1997175-pengertian-antropologi/#ixzz26LnKHcnl)



            Antropologi merupakan salah satu ilmu sosial, yang secara garis besar terbagi menjadi dua bagian yaitu Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya. Antroplogi fisik mempelajari tentang perkembangan dan perbedaan fisik manusia setiap bangsa (mengapa bisa berbeda dan apa penyebabnya). Ilmu untuk mempelajari hal tersebut dinamakan Palaentologi manusia. Kedua yaitu mengenai penyebab manusia dulu dan sekarang bisa berbeda. Bagaimana dan apa penyebabnya? Hal itu termasuk dalam bidang variasi manusia.
            Cabang ilmu antropologi berikutnya adalah antropologi budaya. Cakupan bahasannya mengenai cara berpikir dan berperilaku yang merupakan suatu ciri khas bangsa atau masyarakat tertentu. Hal-hal tersebut meliputi bagaimana mereka berbahasa, memiliki ilmu pengetahuan, hukum, kepercayaan, agama, kesukaan tertentu, kebiasaan pekerjaan, dan sebagainya. Adapun secara kompleks dan mendetail maka kesemua hal itu telah terspesifikasi ke dalam berbagai subdisiplin ilmu seperti arkeologi (sejarah peninggalan budaya), linguistik (kebahasaan) dan etnologi (ilmu bangsa-bangsa).

 
 Bagan 1. Cabang-Cabang Antropologi
 (Sumber: Ihromi, 2006: 4-10)













1 comment: